SMP Negeri 1 Selakau

Sekolah ini didirikan sekitar tahun 1965. Jarak tempuh ke pusat hanya sekitar 0.5 kilometer. Sedangkan jarak sekolah ke pusat kota Sambas kurang lebih 60 kilometer. Sekolah ini beralamat di Jl.Raya Selakau Desa Sungai Nyirih, Kec. Selakau, Kab. Sambas, Kalimantan Barat. Sekolah ini terdaftar dengan nomor statistik 201610107001. Surat Keputusan keberadaan sekolah ditandatangani langsung oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 2 September 1995.

Sekolah ini terakreditasi “B”. Sebelum menjadi SMP Negeri 1 Selakau, SMP ini dulunya adalah milik yayasan. Kemudian diganti menjadi SMP Persiapan, baru setelah itu dijadikan sebagai SMP Negeri. Didukung oleh beberapa fasilitas sekolah yang dapat menunjang belajar mengajar siswa siswi di sekolah tersebut, maka disediakan perangkat seperti dua belas Lokal Kelas yang terdiri dari empat lokal kelas VII,empat lokal kelas VIII, dan empat lokal kelas IX serta perangkat lain antara lain ruang guru, ruang tata usaha, ruang kepala sekolah, ruang BK, ruang laboratorium, ruang media, ruang olahraga, perpustakaan dan gudang.

Prestasi SMP Negeri 1 Selakau

Sekolah SMP Negeri 1 Selakau ini mencetak siswa siswi yang unggul sesuai dengan visi yang di emban unggul dalam mutu dengan berlandaskan iman dan taqwa. Misi sekolah ini adalah melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Tidak hanya itu, sekolah ini juga memotivasi siswa untuk mengembangkan diri secara optimal khususnya di bidang olahraga agar sekolah ini memiliki tim volley dan tenis meja yang dapat menjadi finalis di tingkat kabupaten. Sekolah ini juga memacu siswa untuk menumbuhkan penghayatan terhadap agama yang dianutnya dan budaya bangsa sebagai sumber kearifan dalam bersikap dan bertindak serta menumbuhkan sikap dan tingkah laku dalam membentuk kepribadian siswa itu sendiri.Setiap tahun ( 3 tahun berturut-turut 2008 s.d 2010) telah mewakili Tim Kabupaten dalam lomba Festival Seni Tingkat Propinsi yaitu cabang Story Telling )

Baca Juga  LIMA HARI SEKOLAH

Menurut Kepala Sekolah Tahun 2010 – 2012

Menurut pak Uray Iskandar, S.Pd selaku kepala sekolah SMP Negeri 1 Selakau bahwa harapan sekolah ini ingin :

  1. Meningkatkan Disiplin Guru Dan Pegawai
     Kehadiran Guru dan pegawai dalam pelaksanaan tugas dapat mecapai 93 %
     Guru yang membuat perangkat Pembelajaran dengan baik dan lengkap dapat mencapai 100 %



  2. Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran yang Efektif Tahun 2010 / 2011
     Nilai hasil ujian Nasional dapat mencapai Rata-rata 5,00 dari 4,56 Tahun 2010 / 2011

  3. Mengaktifkan Kegiatan Ekstrakurikuler Bidang Volly Ball
     Memiliki Tim Volly Ball yang mampu menjdai Finalis Tingkat Kabupaten
     Menambah sarana olahraga berupa bola volley

  4. Mengembangkan dan mengaktifkan Bakat Siswa Dalam Bidang Seni Tari dan Qasidah 2010 / 2011
     Memiliki Tim Seni Tari yang mampu menjadi Finalis Tingkat Kecamatan
     Memiliki Group Qasidah yang mampu menjadi Finalis tingkat Kecamatan.

  5. Meningkatkan Kegiatan Ekstra Kurikuler Bid. Kebersihan Lingkungan dan Taman Sekolah 2010 / 2011
     Menjadi Finalis Kebersihan Lingkungan dan Taman Sekolah Tingkat Kecamatan.
     Menambah sarana kebersihan sekolah ( tong sampah dan sapu, pengepel)

  6. Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Tahun 2010 / 2011
     55 % siswa dapat melaksanakan Sholat Wajib dan Sunat dengan baik.
     12 % siswa dapat Baca Al-Qur’an dengan Hatam.regu pramuka yang mampu diikutsertakan dalam jambore tingkat Nasional.

Sekitar 30% orang tua dari siswa siswi yang bersekolah di SMP Negeri 1 Selakau adalah petani. Selebihnya mereka ada yang berprofesi sebagai karyawan swasta, pegawai negeri, pedagang, nelayan bahkan buruh. Tetapi mereka tetap menitipkan anak mereka untuk mengikuti proses belajar mengajar di sekolah tersebut sebab pendidikan merupakan modal utama dalam memperoleh hal yang lebih baik.

Comments

Berikan Tanggapan Anda