APA YANG ANDA PIKIRKAN ?

            Kalimat tersebut sudah tidak asing lagi bagi pengguna jejaring sosial pada saat ini mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, pedagang ataupun para pegawai di negeri kita ini. Dengan melihat kalimat pertanyaan tersebut banyak orang memberikan berbagai ide, melampiaskan perasaan keluh kesahnya, pemberitahuan sekedar informasi dan bahkan sekarang menjadi ajang jual beli via dunia maya. Jejaring sosial yang bernama facebook saat ini salah satu jejaring sosial yang banyak digemari di beberapa negara salah satunya di indonesia. Dengan demikian jejaring sosial ini digemari mulai dari anak-anak, dewasa bahkan yang tua sekalipun. Indonesia sendiri saat ini telah menempati di urutan ke tiga pengguna facebook terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan India. Dalam perkembangannya tentunya setiap teknologi mempunyai efek baik dan buruk, untuk itu bagi si user harus mengetahui dampak positif dan negatif dari suatu teknologi itu sendiri.
            Dampak positif dari penggunaan facebook adalah  dapat mempererat hubungan tali silaturahmi. Dengan facebook kita dapat bertemu kembali dengan saudara, family atau pun teman lama dan dengan mudah kita bisa berkomunikasi jarak jauh bersama mereka. Selain itu juga sebagai media promosi. Facebook sangat potensial untuk mempromosikan sebuah produk,  jasa, intansi dan lain sebagainya. Jikalau dari segi komunikasi dan informasi tukar pikran dapat digunakan sebagai tempat sarana diskusi. Dengan facebook kita bisa bertukar pikiran ataupun berbagi informasi dengan membuat sebuah group atau organisasi. Namun ada yang sering berkeluh kesah apabila sedang menghadapi galau facebook dapat dijadikan sebagai tempat curhat. Facebook juga dapat digunakan sebagai tempat curhat apabila kita menghadapi suatu masalah. Dengan mengupdate status sebagai curahan hati setidaknya sudah bisa meringankan apa yang selalu membebani pikiran, apalagi setelah mendapat komentar dari teman, baik itu hanya sekedar memberikan humor atau semangat yang membuat suasana hati menjadi tenang dan terhindar dari stress.
            Dampak positif lainnya adalah sebagai tempat penyimpanan data pribadi. Koleksi atau album pribadi dapat di simpan di facebook, tentu saja album yang di maksud merupakan koleksi pribadi yang bisa di bagikan kepada teman sehingga mereka  bisa ikut melihat album tersebut. Namun tidak kalah pentingnya adalah sebagai wadah berbagi informasi. Dengan facebook kita bisa saling memberikan atau berbagi informasi mengenai apa saja yang kita miliki yang tentunya saja bermanfaat, sehingga teman kita mendapat informasi yang mungkin saja sedang mereka butuhkan.
            Disamping dampak positif, facebook juga pasti mempunyai dampak yang buruk bagi kita tanpa kita sadari. Diantaranya adalah dapat mengurangi kinerja para kekerja, kita jadi lebih memberikan perhatian kepada jejaring sosial, bahkan ada yang mengacuhkan pembicaraan mereka asyik sendiri dengan facebooknya. Ada yang ekstrim lagi bahwa ada yang berpikir lebih baik bersosialisasi lewat facebook sehingga kehidupan sosialnya di masyarakat memburuk. Batasan ranah pribadi dan sosial menjadi agak kabur dalam facebook, karena kita terlalu bebas menuliskan apa saja komentar, bahkan  sering kita tidak sadar apa yang kita tuliskan tersebut tidak seharusnya disampaikan ke lingkup sosial. Yang lebih naif lagi data penting yang seharusnya tidak ditampilkan atau dipublikasikan secara terbuka menjadi tersebar. Lebih parah lagi bahkan ada yang menjadi tempat atau ajang bertengkar engan teman. Lebih buruk lagi banyak yang sengaja menyebarluaskan gambar/video porno.Yang lebih rentan lagi adalah masalah penipuan, dimana facebook juga dimanfaatkan untuk tujuan penipuan sampai kasus pembunuhan.
Bahkan juga dapat mengganggu kesehatan, facebook  membuat orang berlama-lama di duduk depan komputer, padahal duduk berlama-lama didepan komputer sangat mengganggu kesehatan seperti kekurangan vitamin D yang akibatnya bisa membuat tulang mudah rapuh. Disamping itu juga kita menjadi lupa waktu. Update status, upload foto, mengobrol atau melihat dinding teman facebook sangat mengasikkan dan yang akhirnya bisa membuat lupa waktu. Yang menjadi dampak negatif lainnya adalah masalah pencurian identitas. Mencantumkan identitas pribadi secara lengkap seperti nomor telepon, alamat rumah dan lain-lain, dapat digunakan orang-orang yang tidak bertanggung  jawab dengan tujuan hal-hal negatif.
Pengguna facebook tidak hanya menggunakan media komputer ataupun laptop saja. Sekarang sudah merambah pada media smartphone.  Fungsi dan kegunaan facebook yang paling mendasar adalah untuk mencari dan menjalin pertemanan antara pengguna dunia maya, tetapi seiring berjalannya waktu, facebook bisa di gunakan untuk apa saja seperti yang saya ketahui sekedar chating dan menghabiskan waktu luang. Untuk menambah teman sebanyak – banyaknya, dan mungkin bisa untuk cari pasangan. Karena kalo di facebook kan kita bisa melihat foto wajahnya, ya walaupun kadang foto nggak sesuai dengan aslinya. Dan bisa juga kita langsung chating sama orangnya jika terlihat online. Bahkan dapat dijadikan sebagai bisnis on-line, nah untuk yang satu ini bisa saja dan sekarang makin sering di gunakan oleh para marketing. Dan yang satu ini mengerikan, yaitu untuk modus kejahatan penipuan dan penculikan. Dengan demikian berhati – hatilah bagi para anak-anak dan para cewek yang kenalan lewat facebook atau internet jangan mudah percaya dengan orang yang belum anda ketahui latar belakangnya.
Pengalaman memakai jejaring sosial facebook memang berbagai macam pada setiap orang. Ada yang merasa bahwa facebook ini cukup menguntungkan dan ada juga yang malah bikin rugi dan bahkan ada yang menyebutnya sebagai media yang haram karena terlalu vulgar dalam menampilkan berbagai media yang dibuat oleh penggunanya. Tapi yang jelas kalau kita jeli, mempergunakannya dengan baik, tentu kegunaan facebook ini cukup menguntungkan. Menguntungkan karena dengan facebook ini kita akan bisa mencari teman lama di dunia maya, teman baru, berbagi rasa, berbagi pengalaman, mengiklankan dagangan kita. Berarti sangat tergantung dengan kita, bagaimana kita memanfaatkannya.
Dari soal kerugian, kita bisa saja ditipu orang lain lewat internet. Janji ketemu ternyata punya maksud lain, janji menjual sesuatu padahal mau menipu, mengatakan namanya palsu perempuan padahal sebenarnya dia laki laki, bahkan menempelkan gambar orang lain di facebooknya padahal semuanya ia lakukan hanya karena ingin menyembunyikan siapa dirinya sebenarnya. Dalam hal ini tidak ada yang tau apakah penguna facebook telah menuliskan identitas yang sebenarnya atau tidak. Jadi mudah saja berbohong kalau kita mau. Saya tidak menuduh facebook banyak kepalsuan. Dimana mana akan terjadi kebohongan bila oknumnya merasa perlu melakukannya. Dimana mana ada kejujuran bila individunya memang jujur. Facebook hanya sebuah sarana untuk menghubungkan manusia yang satu dengan manusia lain. Bila kita menggunakannya dengan benar, tentu kegunaannya sangat maksimal. Banyak sudah yang telah mendapat keberuntungan dengan adanya facebook ini. Ada yang sampai sampai mendapat pacar bahkan mendapat jodoh lewat facebook. Dan tentunya ada juga yang merasa facebook ini terlalu iseng. Buat tambah pengalaman, coba saja, tapi tentunya dimanapun anda berada, tentu ada untung ada rugi. Tergantung anda apakah anda seorang yang akan beruntung atau tidak.
Yang membuat kita merasa khawatir dan riskan adalah apabila pengguna facebook ini sebagai media jejaring sosial digunakan oleh para pengguna pada saat jam kerja apabila dikantor. Hal ini dapat mengurangi nilai-nilai dalam sebuah penyelesaian pekerjaan yang seharusnya mereka tidak akan melakukan hal tersebut. Coba kita bayangkan banyak diantara teman-teman kita selalu on-line pada saat-saat jam kerja. Hal dapat kita lihat apabila tidak memnggunakan komputer ataupun laptop mereka dapat menggunakan tablet ataupun handphone. Bahkan lebih miris lagi ketika ada pertemuan ataupun rapat mereka selalu membuka dan menanggapi / memberikan sebuah komentar atas tulisan teman-teman pengguna facebook tersebu. Kadangkala kita mengetahui mereka sedang melakukan pertemuan karena melihat status yang mereka tulis ditambah dengan foto bahkan dengan siapa mereka mengadakan pertemuan tersebut.
Apa yang anda pikirkan tentang status pada jejaring sosial facebook semoga ditulis untuk hal-hal yang bermanfaat bagi para pengguna, sehingga memberikan nilai positif bagi orang yang membaca status yang telah dibuat. Alangkah baiknya sebuah informasi yang positif untuk diketahui olah khalayak ramai, sehingga facebook ini digunakan dalam arti penggunaan internet positif. Alangkah tidak etisnya kita menulis status pada jejaring sosial facebook untuk membuka aib orang dan menjelek-jelekkan orang lain di dunia maya. Mari kita isi status tersebut dengan berbagai informasi yang terkini dan bermanfaat bagi para penggunanya.
Oleh : Uray Iskandar, S.Pd, M.Pd
(Pengawas SMP pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas)
Copy of Scan10027

Baca Juga  Motivasi Kerja

Berikan Tanggapan Anda