ORGANISASI PENGAWAS SEKOLAH

1. Koordinator Pengawas (Korwas)
Untuk memudahkan koordinasi antar sesama pengawas sekolah dan antara pengawas sekolah dengan dinas pendidikan, dipilih seorang koordinator yang disebut dengan koordinator pengawas sekolah. Koordinator pengawas sekolah adalah pengawas sekolah yang dipilih oleh para pengawas seluruh jenis  dan  jenjang  pendidikan  di  lingkunganDinas  Pendidikan Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi untukSLB dan dikukuhkan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi. Tugasdan wewenang korwas meliputi:
a. mengatur pembagiantugas pengawas sekolah
b. mengkoordinasikan seluruhkegiatan pengawas sekolah
c.  mengkoordinasikan kegiatanpengembangan profesional pengawas d.  melaporkanhasil kegiatan pengawasan sekolahkepada Kepala Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi
e. menyusulkan penetapanangka kredit pengawas
f.  menghimpun dan menyampaikan hasil penilaian pelaksanaan kinerja para pengawas sekolah kepada KepalaDinas Kabupaten/Kota/Provinsi.
Untuk efektifitas pelaksanaan tugas dan wewenangnya, koordinator pengawas dibantu oleh pengurus KelompokKerja Pengawas Sekolah (KKPS)/Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah(MKPS) dari setiap jenis dan jenjang pendidikan.
Masa bakti Koordinator Pengawas Sekolah setiap Kabupaten/Kota adalah 4 (empat) tahun masa bakti dan dapat dipilih kembali untuk periode berikutnya.


3.  Organisasi dan Asosiasi PengawasSekolah
Untuk meningkatkankemampuan profesional secara berkelanjutan, pengawas sekolah bergabung dalam organisasi profesi yang disebut AsosiasiPengawas Sekolah Indonesia (APSI) sebagai organisasi independen yang memiliki struktur organisasi  mulai  dari  kabupaten/kota,  provinsi  dan  nasional.  Disamping melalui organisasi profesi secara kedinasan pengembangan kemampuan profesional  pengawas  melalui  wadah  Kelompok  Kerja  Pengawas  Sekolah (KKPS) dan Musyawarah Kerja PengawasSekolah (MKPS).
4.  Kedudukan PengawasSekolah dalam Sistem Peningkatan dan Penjaminan
Mutu

Baca Juga  Tujuan dan Fungsi Supervisi

Berikan Tanggapan Anda