MANFAAT HASIL UJIAN NASIONAL

Ujian Nasional diselenggarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik jenjang satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan. Selain itu Ujian Nasional  digunakan juga untuk melakukan pemetaan tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada satuan pendidikan. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya (credible), dapat diterima (acceptable), dan dapat dipertanggunggugatkan (accountable).
 Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2016 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah Melalui Ujian Nasional, dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan Melalui Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan pada SMP/MTs atau yang sederajat dan SMA/MA/SMK atau yang sederajat dan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0034/P/BSNP/XII/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional.
Manfaat hasil Ujian Nasional adalah untuk pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan,  pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya dan dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
            Pemetaan mutu program pendidikan pada satuan pendidikan memang sangat di tunggu-tunggu implementasinya secara nyata. Baik dalam hal memetakan stiap mata pelajaran yang rendah atau yang tinggi dan apa yang menjadi langkah-langkah pada tahun selanjutnya. Tentunya kita semua mengharapkan dari pemetaan sekolah yang mendapatkan pemetaan hasil nilai yang rendah dapat menigkatkan hasil ujian nasional yang sesuai dengan yang diinginkan. Sedangkan bagi sekolah yang mendapatkan pemetaan nilai ujian nasional yang tinggi juga terus di pertahankan dan di pacu untuk menaikkan hasil yang lebih baik lagi.
Pada hakikatnya pentingnya jaminan mutu  pendidikan adalah agenda utama dan senantiasa menjadi tugas yang paling penting. Walaupun demikian, mutu bagi sebagaian orang dianggapnya sebagai sebuah konsep yang penuh dengan teka teki, membingungkan, sulit untuk di ukur. Mutu memiliki presepsi yang berbeda-beda, di sesuaikan dengan pandangan masing-masing orang. Para pagar pendidikan pun memiliki kesimpulan yang berbeda tentang bagaimana cara menciptakan lembaga pendidikan yang bermutu dengan baik.
            Mutu  pendidikan bukan sesuatu yang terjadi dengan sendirinya, dia merupakan hasil dari suatu proses pendidikan, jika suatu proses pendidikan berjalan baik, efektif dan efisien, maka terbuka peluang yang sangat besar dalam memperoleh hasil pendidikan yang bermutu. Sekolah bermutu secara internal sangat erat kaitannya dengan adanya keterlibatan warga sekolah secara totalitas di dalamnya. Mutu menuntut adanya komitmen yang kuat pada kepuasaan pelanggan yang memungkinkan adanya perbaikan pada para guru, siswa dalam mengerjakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya.
            Pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya juga merupakan manfaat dari hasil ujian nasional. Tentunya itu hanya berlaku bagi peserta didik SMP/MTs yang akan melanjutkan ke jenjang SMA/MA maupun SMK. Namun apabila bagi sekolah yang menerima peserta didik yang belum penuh dengan persaingan dari segi jumlah pendaftar, tentunya tidak akan berlaku aturan ini. Apabila ada sekolah yang berani menerapkan aturan tersebut kemungkinan besar sekolahnya akan menjadi sekolah pavorit atau banyak di lirik oleh masyarakat untuk menyekolahkan anaknya. Tapi apakah mungkin hal itu juga berlaku pada sekolah-sekolah yang nota benenya masih kekurangan siswa akan memberlakukan aturan seperti diatas ?
            Sedangkan bagi lulusan SMA/MA dan SMK akan menjadi pertimbangan masuk ke jenjang perguruan tinggi. Hal inilah yang menjadi pemicu bagi masyarakat kita untuk menuntut anaknya mendapatkan nilai hasil ujian yang memuaskan, sehingga memudahkan masuk ke jenjang perguruan tinggi negeri yang diinginkan. Bahkan mereka rela untuk memasukan anaknya ke lembaga-lembaga kursus persiapan menghadapi ujian nasional. Bahkan kesempatan ini juga diambil kesempatan oleh para penulis dan penerbit untuk mencetak buku-buku persiapan menghadapi ujian nasional. Mudah-musahan saja dengan hasil ujian nasional ini lembaga perguruan tinggi negeri akan memberlakukan hasil ujian nasional sebagai bahan pertimbangan masuk perguruan tinggi negeri ?
            Selanjutnya manfaat hasil ujian nasional adalah sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan. Penilaian oleh Pemerintah adalah penilaian hasil belajar oleh pemerintah dilakukan dalam bentuk ujian nasional yang bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam hal ini pemerataan maupun peningkatan mutu pendidikan bukan hanya sekedar pada saat sosialisasi ujian nasional semata, melainkan harus dapat diwujudkan dalam tindak lanjut setelah hasil ujian dterima oleh pihak sekolah.
            Dari ketiga manfaat diatas tentunya meberi angin segar bagi sunia pendidikan di Indonesia dalam hal peningkatan mutu pendidikan.  Penjaminan mutu akan berdampak pada pengambilan keputusan dan kebijakan pendidikan yang bermutu, dalam arti menghasilkan lulusan sesuai dengan harapan masyarakat, baik dalam kualitas pribadi, moral, pengetahuan maupun kompetensi  menjadi syarat mutlak dalam kehidupan masyarakat global yang terus berkembang saat ini dan yang akan datang.
Dalam merealisasikan manfaat hasil ujian nasional diatas, semoga pendidikan di Indonesia semakin bermutu, dituntut adanya sebuah penerapan program, selanjutnya mutu hasil ujian nasional yang tentunya berfokus pada upaya-upaya penyempurnaan mutu seluruh komponen dan kegiatan pendidikan. Semoga !
Oleh : Uray Iskandar, S.Pd.M.Pd

( Alumni S2 AP FKIP Untan Pontianak)
Baca Juga  Teori Motivasi

Berikan Tanggapan Anda