GURUNYA PRESIDEN


Oleh : Uray Iskandar

            Prediden adalah penyelenggara kekuasaan pemerintahan negara tertinggi di bawah MPR, yang dalam melakukan kewajibannya dibantu oleh Wakil Presiden. Sebagai Kepala Negara, Presiden adalah simbol resmi negara Indonesia di dunia. Sebagai kepala pemerintahan, Presiden di bantu oleh Wakil Presiden dan menteri-menteri dalam kabinet, memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas pemerintah sehari-hari. Presiden menjabat selama 5 tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama untuk satu kali masa jabatan.

            Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah (Undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen). Guru adalah jabatan atau profesi yang membutuhkan keahlian khusus. Pekerjaan sebagai guru ini tidak bisa dialkukan oleh seseorang tanpa mempunyai keahlian sebagai guru. Menjadi seorang guru dibutuhkan syarat-syarat khusus. Apa lagi jika menjadi seorang guru yang profesional, maka harus mengusai seluk beluk pendidikan serta mengajar dengan berbagai ilmu pengetahuan lainnya yang harus dikembangkan melalui masa pendidikan tertentu.

            Ketika masih TK dan SD mungkin masih ingat seorang guru bertanya kepada murid-muridnya tentang cita-cita. Apakah ada diantara kalian yang mau menjadi Presiden ? Tentunya guru juga tidak sengaja bertanya dan bahkan tidak akan pernah tahu akan menjadi apa nantinya murid-murid yang diajar beliau.

            Guru sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Tugas utama itu akan efektif apabila guru memiliki derajat profesionalitas tertentu yang tercermin dari kompetensi, kemahiran, kecakapan atau keterampilan yang memenuhi standar mutu atau norma etik tertentu.

            Peran guru yang ditampilkan demikian, akan membentuk karakteristik anak didik atau lulusan yang beriman, berakhlak, mulia, cakap, mandiri, berguna bagi agama, nusa dan bangsa terutama untuk kehidupannya yang akan datang. Bila kita amati di lapangan, bahwa guru sudah menunjukkan kinerja maksimal di dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik, pengajar dan pelatih. Guru sebagai tenaga pendidik merupakan pemimpin pendidikan dan sangat menentukan dalam proses, pembelajaran di kelas. Peran kepemimpinan tersebut akan tercermin dari bagaimana guru melaksanakan peran dan tugasnya.

            Namun ketika seorang murid sudah menjadi Presiden apakah ia pernah menemui dan mencari siapa guru yang membuat ia telah menjadi seorang Presiden itu. Presiden sebagai seorang kepala negara dan kepala pemerintahan pada hakikatnya adalah seorang perencana, organisator, pemimpin dan pengendali. Keberadaan Presiden pada suatu negara sangat diperlukan. Presiden memegang otoritas yang menentukan perkembangan suatu negara. Kedudukannya sangat strategis karena berhubungan secara langsung dengan pengambilan keputusan dan kebijaksanaan yang ditetapkan untuk dilaksanakan  secara operasional oleh seluruh bawahannya termasuk guru.

Baca Juga  Guru Model dan teladan

Berikan Tanggapan Anda