Mengelola Sekolah Sebagai Sumber Belajar


Dalam mengelola sumber belajar tentulah terdapat prinsip-prinsip yang menjadi patokan bagi para pengelola sumber belajar. Prinsip-prinsip tersebut yang harus dipegang oleh para pengelola sumber belajar  dalam setiap sub-sub komponen organisasi sumber belajar agar para pengguna merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh pengelola sumber belajar. Pengguna akan merasa puas karena telah mendapatkan apa yang ia butuhkan melalui pelayanan prima yang diberikan pengelola.

Prinsip yang digunakan dalam konteks manajemen sumber belajar haruslah yang mengacu pada pengeluaran yang akan sampai kepada pengguna atau dengan kata lain berorientasi kepada kenyamanan pengguna. Baik itu mengenai kemudahan dalam mengakses informasi, kenyamanan saat menggunakan sumber belajar, serta kepuasan yang akan dirasakan pengguna terhadap pelayanan yang diberikan. Maka dari itu, prinsip-prinsip yang digunakan akan lebih baik jika disesuaikan dengan karakteristik umum para penggunanya dan juga faktor-faktor lain yang berhubungan langsung dengan kenyamanan para penggunanya.

Sumber belajar diartikan sebagai segala tempat atau lingkungan sekitar, benda, dan orang yang mengandung informasi dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan proses perubahan perilaku. Salah satu sumber belajar yang sering digunakan dalam proses belajar mengajar adalah perpustakaan dan buku.

Sumber belajar merupakan semua sumber yang dapat dipergunakan oleh peserta didik, baik secara individual maupun kelompok untuk memudahkan terjadinya proses belajar. Pada dasarnya sumber belajar merupakan suatu daya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar mengajar. Semua sumber baik itu data, manusia, dan barang yang dapat dipakai oleh pelajar sebagai suatu sumber tersendiri atau dalam kombinasi untuk memperlancar belajar meliputi pesan, orang, material, alat, teknik, dan lingkungan.

Dengan demikian pengelolaan sumber belajar dapat diartikan  sebagai kegiatan mengelola dan mengatur segala sesuatu yg dapat digunakan untuk membantu setiap orang memperlancar dalam belajar. Adapun manfaat sumber belajar  adalah dapat memberi pengalaman belajar yang nyata dan langsung kepada peserta didik, mengatasi segala keterbatasan waktu, ruang, keadaan, memberi informasi dengan jelas, akurat dan terbaru, menambah wawasan  pembelajaran di dalam kelas, memecahkan masalah pendidikan, dapat memberi motivasi yang positif dan dapat merangsang untuk berfikir, bersikap, dan berkembang lebih optimal.

Proses pengembangan pembelajaran akan berlangsung secara efektif dan efisien apabila ditunjang dengan sumber belajar yang dikelola dengan baik. Pada dasarnya bahwa sumber belajar diharapkan mampu untuk melayani sagala keinginan dan harapan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dapat dikelola dengan baik oleh seorang kepala sekolah yang memiliki kompetensi kewirausahaan.  Optimalisasi hasil belajar dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar saja, namun juga dilihat dari proses pembelajaran yang berupa interaksi siswa dengan berbagai sumber belajar yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajari. Bahkan sumber belajar mempunyai suatu daya kekuatan yang dapat memberikan sesuatu yang kita perlukan dalam proses pengajaran, sehingga peserta didik semakin mudah dalam mengekplorasi dari setiap pembelajaran yang disampaikan oleh gurunya.

Baca Juga  CHANGES EDUCATION IN THE SCHOOLS

Berikan Tanggapan Anda