PEMIMPIN YANG EFEKTIF


A. Pengertian Pemimpin Yang Efektif

Pengelolaan atau manajemen bermakna penggunaan sumber daya organisasi secara efektif untuk mencapai tujuan. Manajemen merupakan disiplin ilmu pengetahuan yang mempelajari secara mendalam tentang strategi atau cara-cara mencapai tujuan secara sistematis.

Pemimpin adalah orang-orang yang menentukan tujuan, motivasi dan dan tindakan kepada orang lain. Seorang dapat diangkat sebagai pemimpin karena mempunyai kelebihan dari orang lain dan dapat mempengaruhi orang lain bahkan ia memiliki kekuasaan untuk dapat mempengaruhi orang lain. Kelebihan itu ada yang berasal dari dalam dirinya dan ada juga yang berasal dari luar dirinya. Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan khusus, sehingga ia mampu mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama-sama.

Pemimpin adalah seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain atau anggota kelompoknya  untuk mencapai tujuan bersama dalam wadah organisasi resmi maupun tidak resmi. Kepemimpinan adalah kemampuan individu untuk mempengaruhi, memotivasi dan membuat orang lain mampu memberikan kontribusinya demi sebuah efektivitas dan keberhasilan dalam organisasi. Kepemimpinan adalah sebuah proses pengaruh yang sengaja dijalankan oleh seseorang terhadap orang lain untuk melakukan berbagaiaktivitas di dalam sebuah kelompok atau organisasi. Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seorang pemimpin, yang mempunyai kekuasaan untuk mempengaruhi orang lain untuk bekerja sama secara sadar dalam hubungan tugas yang diinginkan.

Seorang pemimpin memiliki kemampuan individu untuk mengkoordinasikan, mengarahkan dan mempengaruhi orang lain untuk saling bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi.   Dengan demikian dapat dilihat adanya perbedaan-perbedaan yang dimiliki di dalam berbagai aspek, termasuk di dalamnya siapa yang menggunakan pengaruh, sasaran yang ingin diperoleh dari pengaruh tersebut, cara bagaimana pengaruh tersebut digunakan, serta hasil dari usaha menggunakan pengaruh tersebut.

Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain untuk mencapai sesuatu dengan cara yang diinginkan.  Orang-orang yang berada pada pucuk pimpinan suatu organisasi, memiliki kekuasaan dalam konteks mempengaruhi perilaku orang-orang yang secara struktural organisator berada di bawahnya. Bagaimana ia menjalankan pengaruh kekuasaannya dalam mencapai suatu tujuan sehingga apa yang menjadi sebuah cita-cita bersama dapat tercapai.

Perkembangan dan perubahan yang terus bergulir ini pun membawa manusia ke era persaingan global yang ketat. Oleh karena itu kalau tidak ingin kalah bersaing dalam era globalisasi peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan kenyataan yang harus dilakukan secara terencana, terarah, intensif, efektif dan efisien. Pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia  yang berdaya saing international dan mempunyai kompetensi untuk bertahan pada perkembangan zaman menjadi suatu perhatian penting dalam manajemen pendidikan. 

Kepemimpinan merupakan kemampuan untuk menggerakkan orang-orang dalam mencapai suatu tujuan. Makna kata kepemimpinan erat kaitannya dengan makna kata memimpin. Kata memimpin mengandung makna suatu kemampuan seseorang untuk menggerakkan segala sumber yang ada pada suatu organisasi sehingga dapat di dayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Menurut Komang Ardana, dkk (2008:89) kepemimpinan adalah merupakan intisari dari manajemen organisasi, sumber daya pokok dan titik sentral dari setiap aktivitas yang terjadi dalam sautu organisasi. Kepemimpinan adalah suatu kekuatan penting dalam rangka pengelolaan, oleh sebab itu kemampuan memimpin secara efektif merupakan kunci untuk menjadi seorang manajer yang efektif. Selanjutnya,  Chris Harijanto (2007:2) kepemimpinan merupakan konsekwensi logis dari perilaku dan budaya manusia yang secara kodrati terlahir sebagi zoon politicon  yang memiliki ketergantungan sosial sangat tinggi dalam memenuhi berbagai kebutuhannya.

Selanjutnya menurut Ngalim Purwanto (2009:26) bahwa kepemimpinan diartikan sekumpulan dari rangkaian kemampuan dan sifat-sifat kepribadian, termasuk didalamnya kewibawaan untuk dijadikan sebagai sarana dalam rangka meyakinkan yang dipimpinnya agar mereka mau dan dapat melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh semangat, ada kegembiraan bathin serta mera tidak terpaksa.

Seperti apa yang diungkapkan oleh Suryadi (2009:69) bahwa kepemimpinan akan berjalan secara efektif dan efisien apabila dilaksanakan oleh seorang pemimpin yang jujur, bertanggung jawab, transparan, cerdas, memahami tugas dan kewajibannya, memahami anggotanya, mampu memotivasi dan berbagai sifat baik yang terdapat dalam diri seorang pemimpin.

                Sedangkan menurut Husna Asmara ( 2015:104) pemimpin yang efektif adalah orang yang memberi dan mengambil arah yang telah ditetapkan organisasi. Dalam setiap lingkungan kerja, seorang pemimpin yang efektif penting untuk kelangsungan hidup yang sehat dan produktif di tempat kerja.

Satu hal yang menarik tentang kepemimpinan ialah persepsi pemimpin-pemimpin yang efektif itu lazimnya konsisten atau tegar dalam keputusan-keputusan mereka. Kepemimpinan adalah sekumpulan dari serangkaian kemampuan atau sifat-sifat kepribadian, termasuk didalamnya kewibawaan, untuk dijadikan sebagai sarana dalam rangka meyakinkan yang dipimpinnya agar mereka mau dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh semangat, ada kegemiraan batin, serta merasa tidak terpaksa

B. Ciri-ciri Pemimpin Yang Efektif

Kepemimpinan bukanlah hak mutlak seseorang pejabat formal dalam sebuah organisasi, melainkan oleh kecakapannya dalam memimpin orang lain. Artinya, sangat mungkin seorang bawahan memiliki kecakapan kepemimpinan yang lebih baik daripada atasannya. 

Menurut A. Wahab & Umiarso (2011:89) kepemimpinan adalah suatu kegiatan mempengaruhi orang lain agar orang tersebut mau bekerja sama (mengolabolarasi dan mengelaborasi potensinya) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kepemimpinan bukanlah serangkaian kompetensi yang dibuat oleh seseorang, melainkan pendekatan atau cara kerja dengan manusia dalam suatu organisasi untuk menyelesaikan tugas bersama dan tanggung jawab bersama dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan.

Seorang pemimpin berperan sebagai penggerak dalam proses kerja sama antar manusia dalam organisasi  yang dapat bergerak secara terarah dalam upaya pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Adapun yang menjadi ciri-ciri pemipim yang efektif menurut Sudarwan Danim ( 2010:37) adalah :

1.      Jujur

2.      Melakukan apa yang mereka katakan akan di lakukan

3.      Menepati janji dan melaksanakan komitmen mereka

4.      Memastikan tindakan-tindakan mereka konsisten dengan keinginan komunitas yang di pimpinnya.

5.      Memiliki gagasan yang jelas mengenai apa yang yang orang lain nilai dan apa yang bisa mereka lakukan

6.      Percaya pada nilai yang melekat pada diri orang lain

7.      Mengakui kesalahan

8.      Menciptakan iklim saling percaya dan terbuka

9.      Membantu orang lain untuk menjadi sukses

10.  Mendorong anggota untuk berbuat lebih banyak

11.  Menyingsingkan lengan baju mereka

12.  Menghindari ungkapan yang menimbulkan  kebencian.

Sedangkan Menurut Husna Asmara (2015:106) ciri-ciri pemimpin yang efektif adalah mampu memberikan saran balikan dan mampu menjadi pendengar yang baik. Saran dan balikan dari pimpinan sangat penting bagi bawahan. Mengetahui bagaimana menerima umpan balik sebagai keterampilan lain dari kepemimpinan akan mengajarkan banyak hal tentang gaya kepemimpinan.

Baca Juga  Sistematika penyusunan Rencana Kerja Menengah (RKJM)

Berikan Tanggapan Anda