Tujuan Supervisi Akademik


Secara umum tujuan supervisi akademik menurut Sagala (2010:105) yaitu untuk membantu guru meningkatkan kemampuannya agar menjadi guru yang lebih baik dan profesional dalam melaksanakan pengajaran. Senada yang disampaikan oleh Glickman dalam Sri Banun (2009:43) tujuan supervisi pengajaran adalah membantu guru bagaimana belajar untuk meningkatkan kemampuan mereka sendiri guna mencapai tujuan pembelajaran.

Menurut Ali Imron (2011:11) menyatakan bahwa tujuan supervisi pembelajaran adalah sebagai berikut :

1. Memperbaiki proses belajar mengajar

2. Memberikan layanan kepada guru untuk perbaikan mengajar

3. Memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan pendidikan

Bertolak dari faktor-faktor penentu keberhasilan dalam belajar, maka tujuan khusus supervisi akademik menurut Danim dan Khairil (2010:157), yaitu:

1.    Meningkatkan mutu kinerja guru.

2.    Meningkatkan keefektifan implementasi kurikulum secara efektif dan efisien bagi kemajuan siswa dan generasi mendatang.

3.    Meningkatkan keefektifan dan keefisienan sarana dan prasarana yang ada untuk dikelola dan dimanfaatkan dengan baik sehingga mampu mengoptimalkan keberhasilan siswa.

4.    Meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah khususnya dalam mendukung terciptanya suasana kerja yang optimal untuk kemudian siswa dapat mencapai prestasi belajar sebagaimana yang diharapkan.

5.    Meningkatkan kualitas situasi umum sekolah sehingga tercipta situasi yang tenang dan tentram serta kondusif yang akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang menunjukkan keberhasilan lulusan.

Supervisi akademik berkaitan erat dengan pembelajaran bermutu, karena proses pembelajaran yang bermutu memerlukan guru yang profesional. Guru sebagai pelaku      utama dalam proses pembelajaran dapat ditingkatkan profesionalitasnya melalui supervisi akademik sehingga tercapai tujuan pembelajaran.

Menurut Sergiovanni dalam Departemen Pendidikan Nasional (2007: 10) ada tiga tujuan supervisi akademik sebagai berikut :

1. Supervisi akademik diselenggarakan dengan maksud membantu guru mengembangkan kemampuannya profesionalnnya dalam memahami akademik, kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik tertentu.

2.    Supervisi akademik dilakukan untuk memonitor kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan memonitor ini bisa dilakukan melalui kunjungan kepala sekolah ke kelas-kelas di saat guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru, teman sejawatnya, maupun dengan sebagian peserta didik.

3. Supervisi akademik dilakukan untuk mendorong guru menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas mengajarnya, mendorong guru mengembangkan kemampuannya sendiri, serta mendorong guru agar ia memiliki perhatian yang sungguh-sungguh (commitment) terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Berdasarkan tujuan tersebut diatas bahwa tujuan supervisi pembelajaran dapat menumbuhkan perbaikan dari proses dan hasil belajar serta untuk mengkoordinasikan maupun menganalisis situasi belajar dalam peningkatan kemampuan profesional seorang guru. Karena jika proses belajar mengajar meningkat mutunya, maka hasil belajar diharapkan juga meningkat.

Baca Juga  NASKAH SOAL UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH

Berikan Tanggapan Anda